Google Chrome. Kali ini penulis akan membahas dan menjelaskan bagaimana cara-cara atau langkah-langkah terbaru dan terlengkap yang dapat Anda ikuti dan lakukan untuk mengubah default mesin pencari di browser Google Chrome yang Anda gunakan.

Catatan: Sebelum mengikuti tutorial atau pembahasan ini, pastikan Bahasa Tampilan yang digunakan oleh browser Google Chrome Anda ialah Bahasa Indonesia.

Baca Juga: Cara Menginstall Extension Di Browser Google Chrome

Untuk Anda yang mungkin bertanya Bagaimana Cara Mengubah Default Mesin Pencari Di Browser Google Chrome? Maka di bawah ini merupakan Cara Mengubah Default Mesin Pencari Di Browser Google Chrome yang dapat Anda ikuti dan lakukan.

Cara Mengubah Default Mesin Pencari Di Browser Google Chrome

Sebelum masuk ke dalam inti dari pembahasan, perlu diperhatikan bahwa tutorial ini penulis bagi menjadi 2 bagian utama, yaitu:

  1. Menggunakan Pilihan “Mesin Telusur Yang Digunakan”
  2. Menggunakan Kelola Mesin Telusur

Di atas merupakan 2 bagian utama dari pembahasan ini. Untuk bagian yang pertama, yaitu Menggunakan Pilihan “Mesin Telusur Yang Digunakan”, Anda dapat melihatnya pada pembahasan di bawah.

Menggunakan Pilihan “Mesin Telusur Yang Digunakan”

1. Buka Browser Google Chrome Anda

2. Setelah Browser Google Chrome Anda terbuka, langkah selanjutnya klik “3 titik” (“1”) yang berada di bagian pojok kanan atas, setelah itu pilih dan klik Setelan (“2”).

Cara Mengubah Default Mesin Pencari Google Chrome

3. Setelah Anda mengklik Setelan, Anda akan langsung dibawa ke halaman setelan. Untuk melanjutkan, silahkan Anda scroll ke bawah sampai Anda mendapatkan bagian Mesin Telusur.

Cara Mengubah Default Mesin Pencari Google Chrome

Setelah itu, untuk melanjutkan Anda bisa klik “Nama mesin pencari” yang tampil (“Contoh: Yahoo! Indonesia”) pada bagian “Mesin telusur yang digunakan di kolom url”.

4. Setelah Anda mengklik “Nama mesin pencari” yang tampil (“Contoh: Yahoo! Indonesia”), langkah selanjutnya silahkan Anda pilih “Nama mesin pencari” yang Anda inginkan.

Cara Mengubah Default Mesin Pencari Google Chrome

5. Setelah Anda memilih “Nama Mesin Pencari” yang Anda inginkan, Anda akan mendapatkan “Nama mesin pencari” yang tampil adalah “nama mesin pencari” yang telah Anda pilih (“Contoh: Google”).

Cara Mengubah Default Mesin Pencari Google Chrome

6. Selesai

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah di atas, maka sekarang Anda telah berhasil mengubah default mesin pencari di browser Google Chrome Anda dengan menggunakan pilihan “Mesin Telusur Yang Digunakan”

Untuk bagian yang kedua, yaitu Menggunakan Pilihan kelola mesin telusur, Anda dapat memperhatikan pembahasan di bawah.

Menggunakan Pilihan Kelola Mesin Telusur

1. Masuk ke halaman setelan dari browser Google Chrome Anda (“Referensi: Cara Pertama: Mengubah Default Mesin Pencari Di Browser Google Chrome No.1 sampai No.2″).

2. Setelah Anda berada di halaman setelan, langkah selanjutnya silahkan Anda scroll ke bawah sampai Anda mendapatkan bagian Mesin Telusur.

Cara Mengubah Default Mesin Pencari Google Chrome

Setelah itu, untuk melanjutkan, Anda bisa klik “Kelola mesin telusur”.

3. Setelah Anda mengklik “Kelola mesin telusur”, langkah selanjutnya Anda bisa klik “tiga titik” yang berada di samping dari nama mesin telusur yang ingin Anda gunakan.

Cara Mengubah Default Mesin Pencari Google Chrome

4. Setelah Anda mengklik “tiga titik” tersebut, langkah selanjutnya pilih dan klik “Jadikan default”.

Cara Mengubah Default Mesin Pencari Google Chrome

5. Setelah Anda mengklik “Jadikan default”, maka sekarang mesin telusur yang Anda pilih telah menjadi default mesin telusur untuk browser Google Chrome yang Anda gunakan.

Cara Mengubah Default Mesin Pencari Google Chrome

6. Selesai

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah kedua di atas, maka sekarang Anda telah berhasil mengubah default mesin pencari di browser Google Chrome Anda. Congratulations!

Di atas merupakan cara-cara atau langkah-langkah terbaru dan terlengkap yang dapat Anda ikuti dan lakukan untuk mengubah default mesin pencari di browser Google Chrome yang Anda gunakan.