InfinityFree. Kali ini penulis akan membahas dan menjelaskan bagaimana cara-cara atau langkah-langkah terbaru dan terlengkap yang dapat Anda ikuti dan lakukan untuk menginstall WordPress melalui cPanel (“Control Panel”) Hosting di InfinityFree.

Sebelum masuk ke dalam inti dari pembahasan, pastikan bahwa sebelumnya Anda pernah atau telah Membuat Akun Di InfinityFree untuk mendapatkan hosting gratis, membuat akun di Freenom untuk Mendapatkan TLD Gratis Dari Freenom Untuk Hosting Di InfinityFree dan pastikan juga Anda telah Menghubungkan TLD Gratis Dari Freenom Ke Hosting Gratis Dari InfinityFree. Jika sudah, maka Anda dapat mengikuti Cara Menginstall WordPress Melalui cPanel Hosting Di InfinityFree yang dibahas pada tutorial atau pembahasan di bawah ini

Cara Menginstall WordPress Melalui cPanel Hosting Di InfinityFree

Untuk Anda yang telah mengikuti tutorial pertama, kedua dan ketiga seperti yang telah penulis sebutkan di atas, perlu diperhatikan bahwa Anda perlu untuk mengikuti tutorial ini. Sebab jika tidak, maka TLD (“Top Level Domain”) Anda jika diakses, akan menampilkan tampilan seperti pada gambar di bawah ini

Untuk mengubahnya dengan tampilan dari situs web WordPress, maka Anda perlu untuk menginstall WordPress terlebih dahulu. Nah, untuk menginstall WordPress tersebut, Anda dapat mengikuti tutorial atau pembahasan di bawah ini

1. Buka Browser Google Chrome (“Atau Browser Lain”) Anda dan kunjungi: Infinityfree.net

2. Setelah Anda berada di situs web tersebut, langkah selanjutnya klik “client area”.

3. Setelah Anda mengklik “client area” dan jika Anda belum “login”, maka Anda akan dibawa ke halaman “Form Login”.

Untuk penjelasan lengkapnya, perhatikan keterangan di bawah ini

a. Email: Pada bagian ini, silahkan Anda masukkan Alamat Email dari akun InfinityFree Anda.

b. Password: Pada bagian ini, silahkan Anda masukkan Kata Sandi dari akun InfinityFree Anda.

Setelah itu, untuk melanjutkan klik “SIGN IN”.

4. Setelah Anda mengklik “SIGN IN” dan berhasil masuk, Anda akan dibawa ke halaman akun Anda di InfinityFree. Untuk melanjutkan, klik “CONTROL PANEL”.

Catatan – Perlu diperhatikan bahwa kita harus masuk ke “Control Panel Hosting” menggunakan cara ini, agar kita tidak perlu lagi untuk memasukkan “username” dan “password” dari cPanel (“Control Panel”) Hosting yang kita miliki di InfinityFree. Ada cara lain untuk masuk ke “Control Panel Hosting”, yaitu melalui halaman: cpanel.epizy.com, akan tetapi cara ini dapat diikuti oleh Anda yang mungkin mengingat username atau kata sandi dari cPanel Hosting Anda.

5. Setelah Anda mengklik “CONTROL PANEL”, Anda akan langsung dibawa ke halaman “Control Panel Hosting” Anda.

Untuk melanjutkan, silahkan Anda “Scroll” ke bawah sampai Anda mendapatkan “SOFTWARE” (“1”), setelah itu, pada bagian “SOFTWARE”, silahkan Anda klik “Softaculous Apps Installer” (“2”).

6. Setelah Anda mengklik “Softaculous Apps Installer”, Anda akan dibawa ke halaman dari “Softaculous”.

Untuk melanjutkan, silahkan Anda sentuh kursor Anda pada aplikasi “WordPress”, setelah itu pilih dan klik “Install”.

7. Setelah Anda mengklik “Install”, Anda akan dibawa ke halaman penginstallan WordPress.

Untuk penjelasan lengkapnya, perhatikan keterangan di bawah ini

a. Choose Protocol: Pada bagian ini, silahkan Anda pilih http://www.

b. Choose Domain: Pada bagian ini, silahkan Anda pilih Domain yang telah Anda tambahkan.

c. In Direcotry: Pada bagian ini, silahkan Anda kosongkan, karena kita ingin agar WordPress diinstall di Domain utama, bukan di sebuah path (“www.duniacara.com/path”).

Setelah itu, untuk melanjutkan silahkan Anda “Scroll” ke bawah.

Untuk penjelasan lengkapnya, perhatikan keterangan di bawah ini

d. Site Name: Pada bagian ini, silahkan Anda masukkan Judul Situs Web Anda (“Nama Panggilan Untuk Situs Web Anda”).

e. Site Decription: Pada bagian ini, silahkan Anda masukkan deskripsi atau slogan dari situs web WordPress Anda.

f. Enable Multisite (WPMU): Pastikan Anda tidak memberikan tanda ceklist pada bagian ini. Sebab jika Anda memberikan tanda ceklist pada bagian ini, maka seseorang dapat membuat subdomain dari situs web WordPress Anda.

g. Username: Pada bagian ini, silahkan Anda masukkan Nama Pengguna dari akun situs web WordPress Anda, dimana Nama Pengguna inilah yang nantinya akan Anda gunakan untuk “login” ke halaman wp-admin dari situs web WordPress Anda.

h. Password: Pada bagian ini, silahkan Anda masukkan Kata Sandi dari akun situs web WordPress Anda. Pastikan Kata Sandi yang Anda masukkan mudah untuk Anda ingat tapi sulit untuk ditebak. Karena kata sandi inilah yang nanti akan Anda gunakan bersama Nama Pengguna untuk masuk ke halaman wp-admin dari situs web WordPress Anda.

i. Admin Email: Pada bagian ini, silahkan Anda masukkan Alamat Email Anda. Perlu diperhatikan bahwa Alamat Email ini dapat Anda gunakan sebagai pengganti Nama Pengguna Anda atau juga dapat digunakan untuk mereset Kata Sandi dari akun situs web WordPress Anda.

Setelah itu, untuk melanjutkan silahkan Anda “Scroll” ke bawah.

Untuk penjelasan lengkapnya, perhatikan keterangan di bawah ini

j. Select Language: Pada bagian ini, silahkan Anda pilih Bahasa Indonesia.

k. Limit Login Attempts (Loginizer): Pada bagian ini, silahkan Anda berikan tanda ceklist, agar orang lain tidak dapat mencoba-coba untuk menebak kata sandi Anda lebih dari 3 kali secara berturut-turut.

Setelah itu, untuk melanjutkan silahkan Anda “Scroll” ke bawah

Untuk penjelasan lengkapnya, perhatikan keterangan di bawah ini

l. Template: Pada bagian ini, silahkan Anda memilih Template atau Tema atau Tampilan dari situs web WordPress Anda yang paling Anda inginkan. Anda dapat Mengubah Template WordPress setelah Anda berhasil menginstall WordPress tersebut di domain Anda.

m. Email installation details to: Pada bagian ini, silahkan Anda masukkan Alamat Email Anda yang nantinya akan menerima informasi hasil penginstallan WordPress ini, termasuk Nama Pengguna dan Kata Sandi dari akun situs web WordPress Anda.

Setelah itu, untuk melanjutkan klik “Install”.

8. Setelah Anda mengklik “Install”, Anda akan dibawa ke halaman Penginstallan. Silahkan Anda tunggu sampai proses penginstallan selesai dilakukan.

9. Setelah proses penginstallan selesai, Anda akan dibawa ke halaman details penginstallan WordPress Anda.

Untuk penjelasan lengkapnya, perhatikan keterangan di bawah ini:

a. WordPress has been successfully installed at: Alamat URL ini merupakan alamat URL dari situs web WordPress Anda.

b. Administrative URL: ALamat URL Ini merupakan alamat URL dari halaman Admin situs web WordPress Anda.

10. Jika Anda mengklik alamat URL dari situs web WordPress Anda, maka Anda akan dibawa ke situs web WordPress Anda seperti pada gambar di bawah ini (“Tampilan bisa saja berbeda, sesuai dengan tampilan yang Anda┬ápilih”).

12. Jika Anda mengklik alamat URL halaman Admin dari situs web WordPress Anda, maka Anda akan dibawa ke tampilan seperti pada gambar di bawah ini

13. Selesai

Setelah Anda mengikuti tutorial di atas, maka sekarang Anda telah memiliki situs web WordPress secara gratis, tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun. Mungkin Anda tertarik untuk mengikuti tutorial lainnya di bawah ini seputar InfinityFree.

Di atas merupakan cara-cara atau langkah-langkah terbaru dan terlengkap yang dapat Anda ikuti dan lakukan untuk menginstall WordPress melalui cPanel Hosting di InfinityFree Hosting. Semoga dapat bermanfaat.