WordPress. Kali ini penulis akan membahas dan menjelaskan bagaimana cara-cara atau langkah-langkah terbaru dan terlengkap yang dapat Anda ikuti dan lakukan untuk melindungi Laman atau Halaman dengan Password di Situs Web WordPress Anda.

Untuk Anda yang ingin melindungi sebuah Laman atau Halaman di situs Web WordPress Anda dengan kata sandi atau password, maka Anda dapat mengikuti Cara Melindungi Laman Atau Halaman Dengan Password Di Situs Web WordPress di bawah ini yang dibagi dengan 2 cara, yaitu

  1. Cara Melindungi Laman Atau Halaman Dengan Password Di Situs Web WordPress Melalui Halaman Editor
  2. Cara Melindungi Laman Atau Halaman Dengan Password Di Situs Web WordPress Melalui Edit Cepat

Di atas merupakan dua cara yang dapat diikuti dan dilakukan untuk melindungi Laman atau Halaman dengan password atau kata sandi di situs web WordPress Anda. Untuk cara yang pertama, Anda dapat mengikuti tutorial di bawah ini

Cara Melindungi Laman Atau Halaman Dengan Password Di Situs Web WordPress Melalui Halaman Editor

Halaman Editor – Untuk cara yang pertama ini, Anda dapat untuk Membuat Laman Atau Halaman Di Situs Web WordPress Anda atau Anda juga dapat Mengubah Laman atau Halaman Di Situs Web WordPress Anda, agar dapat menambahkan password atau kata sandi pada Laman Anda. Untuk langkah-langkahnya, perhatikan langkah berikut

1. Buka Browser Microsoft Edge (“Atau Browser Lain”) Anda, setelah itu Login Ke Halaman Admin Di Situs Web WordPress Anda.

2. Setelah Anda berada di Dasbor dari Situs Web WordPress Anda, untuk melanjutkan silahkan sentuh kursor Anda pada Laman (“1”), setelah itu pilih dan klik Tambah Baru (“2”).

3. Setelah Anda mengklik Tambah Baru, Anda akan dibawa ke halaman Editor dari pembuatan Laman atau Halaman di situs web WordPress Anda. Untuk melanjutkan, silahkan buat sebuah Laman yang ingin Anda lindungi dengan password, setelah itu pilih dan klik Edit pada Kenampakan: Umum Edit.

Info:Untuk Masuk ke halaman Editor, Anda juga dapat melalui Cara Mengubah Laman atau Halaman Di Situs Web WordPress Anda. Tanpa harus membuat Laman atau Halaman Baru. Namun untuk kali ini, melalui Cara Membuat Laman atau Halaman Baru.

4. Setelah Anda mengklik Edit, untuk melanjutkan silahkan Anda pilih Dilindungi sandi (“1”), kemudian Masukkan Sandi yang Anda inginkan pada kotak Sandi (“2”), setelah itu pilih dan klik Oke.

5. Setelah Anda mengklik Oke, Anda akan mendapatkan Terlindung Sandi pada Kenampakan: Terlindung Sandi Edit (“1”), dimana sebelum diubah, tampilannya ialah Kenampakan:Umum Edit. Setelah itu, untuk melanjutkan,
klik Terbitkan.

6. Setelah Anda mengklik Terbitkan dan Laman berhasil diterbitkan, Anda akan medapatkan keterangan Laman telah diterbitkan. Tampilkan laman. Setelah itu, untuk melanjutkan klik Tampilkan laman.

7. Setelah Anda mengklik Tampilkan laman, Anda akan dibawa ke laman yang telah Anda buat, akan tetapi Anda harus memasukkan kata Sandi atau Password agar dapat melihat isi dari Laman atau Halaman tersebut. Untuk melanjutkan, silahkan Masukkan Sandi (“1”) yang telah Anda masukkan tadi (“Lihat No.4 Bagian 2”), setelah itu pilih dan klik Masukkan.

8. Setelah Anda mengklik Masukkan dan berhasil masuk, maka isi dari Laman akan ditampilkan ke Anda.

9. Selesai

Di atas merupakan cara pertama yang dapat Anda ikuti dan lakukan untuk melindungi Laman atau Halaman dengan password di situs web WordPress Anda melalui halaman Editor. Untuk cara yang kedua, Anda dapat melihatnya pada pembahasan di bawah ini

Cara Melindungi Laman Atau Halaman Dengan Password Di Situs Web WordPress Anda Melalui Edit Cepat

Edit Cepat – Beberbeda dengan cara di atas yang dapat menggunakan Laman yang sudah ada atau dengan membuat laman baru, untuk cara yang ini, Anda sudah harus memiliki sebuah Laman atau Halaman di Situs Web WordPress Anda. Untuk langkah-langkahnya, Anda dapat memperhikan pembahasan di bawah ini

1. Buka Browser Microsoft Edge Anda, setelah itu Login Ke Halaman Admin di situs Web WordPress Anda.

2. Setelah Anda berada di Dasbor dari situs web WordPress Anda (“Setelah Anda berhasil Login”), untuk melanjutkan silahkan klik Laman.

3. Setelah Anda mengklik Laman, Anda akan dibawa ke halaman dari Laman. Untuk melanjutkan, silahkan Anda sentuh kursor Anda pada baris Judul Laman yang ingin Anda tambahkan password atau kata sandi, setelah itu pilih dan klik Edit Cepat.

4. Setelah Anda mengklik Edit Cepat, Anda akan mendapatkan Tampilan Pengeditan Cepat. Untuk melanjutkan, silahkan Anda masukkan kata sandi atau password di bagian Sandi (“1”), setelah itu pilih dan klik Perbarui.

5. Setelah berhasil diperbarui, Anda akan mendapatkan tulisan Dilindungi sandi yang berada disamping judul Laman.

6. Untuk melanjutkan, silahkan sentuh kursor Anda pada baris Judul Laman Atau Laman, setelah itu klik kanan pada bagian Tampil.

7. Setelah Anda klik kanan pada bagian Tampil, untuk melanjutkan klik Copy link.

8. Setelah Anda mengklik Copy link, untuk melanjutkan silahkan buka Browser Lain Anda, paste-kan URL yang telah Anda copy tadi pada kotak URL (“1”) dan kunjungi URL tersebut, setelah itu silahkan masukkan Sandi pada kotak Sandi (“2”) yang telah Anda masukkan tadi (“Lihat: Pembahasan Kedua No.4 Bagian 1”), kemudian pilih dan klik Masukkan.

9. Jika telah berhasil masuk atau kata sandi yang Anda masukkan benar, maka Anda akan mendapatkan konten dari Laman atau Halaman Anda (“Anda sudah dapat melihatnya”).

10. Selesai

Info:Mungkin Anda bertanya, kenapa kita harus membukanya di browser lain? Perlu diperhatikan bahwa sebelumnya penulis telah masuk ke Laman dengan kata sandi atau password pada pembahasan pertama, jadi ketika penulis membuat laman baru dan menambahkan password pada laman tersebut, jika penulis masuk ke laman baru tersebut, penulis tidak akan dimintai password, karena penulis telah atau pernah memasukkan password pada Halaman atau Laman sebelumnya.

Jadi, untuk Anda yang belum memasukkan password pada sebuah laman yang dikunci, maka Anda tidak perlu untuk membukanya di browser lain, Anda cukup klik Tampil (“Lihat: Pembahasan Kedua No.6”) tanpa harus mengklik kanan pada “Tampil”.

Di atas merupakan cara kedua yang dapat Anda ikuti dan lakukan untuk melindungi Laman atau Halaman dengan Password di situs web WordPress Anda dan sekaligus merupakan cara terakhir untuk pembahasan kali ini.