Adsense. Kali ini penulis akan membahas dan menjelaskan bagaimana cara-cara atau langkah-langkah terbaru dan terlengkap yang dapat Anda ikuti dan lakukan untuk membuat unit iklan baru di Google Adsense.

Sebelum masuk ke dalam inti dari pembahasan, pastikan Anda telah memiliki sebuah Akun Google Adsense. Karena dalam tutorial atau pembahasan kali ini, penulis membahas mengenai Google Adsense, tentang cara untuk membuat unit iklan baru di Google Adsense.

Artikel Terkait:

  • Cara Membuat Akun Google Adsense
  • Panduan Pemula Untuk Membuat Blog Di Blogspot
  • Panduan Pemula Untuk Membuat Blog Di WordPress

Jika Anda telah memiliki sebuah akun Google Adsense dan ingin belajar untuk membuat unit iklan baru di Google Adsense, maka di bawah ini merupakan Cara Membuat Unit Iklan Baru Di Google Adsense yang dapat Anda ikuti dan lakukan untuk mencoba membuat iklan baru di Google Adsense

Cara Membuat Unit Iklan Baru Di Google Adsense

Tutorial atau pembahasan kali ini dibagi menjadi 3 bagian utama, yaitu:

  1. Langkah Pertama: Masuk Ke Google Adsense
  2. Langkah Kedua: Cara Membuat Unit Iklan Baru Di Google Adsense
  3. Penjelasan Tambahan

Untuk langkah pertama, Anda dapat memperhatikan pembahasannya di bawah ini.

Langkah Pertama: Masuk Ke Google Adsense

Untuk tahap pertama atau langkah pertama yang dapat Anda ikuti dan lakukan ialah masuk ke Google Adsense Anda. Anda dapat memperhatikan penjelasan di bawah untuk masuk ke Google Adsense Anda.

1. Pergi ke Adsense.com

2. Setelah Anda berada di situs web tersebut dan belum login, maka Anda akan mendapatkan tampilan seperti pada gambar di bawah ini. Untuk Login atau masuk ke situs web tersebut, klik SIGN IN.

Cara Membuat Unit Iklan Baru Di Google Adsense

3. Setelah Anda mengklik SIGN IN, Anda akan dibawa ke form login. Untuk melanjutkan, silahkan Anda masukkan alamat Email Anda (“Email Dari Google atau Akun Gmail”) yang ada akun Google Adsensenya, setelah itu klik NEXT.

Cara Membuat Unit Iklan Baru Di Google Adsense

4. Setelah Anda mengklik NEXT, langkah selanjutnya silahkan Anda masukkan Password atau Kata sandi dari Email yang telah Anda masukkan di atas, setelah itu klik NEXT.

Cara Membuat Unit Iklan Baru Di Google Adsense

5. Setelah Anda mengklik NEXT dan data yang Anda masukkan benar, maka Anda akan langsung dibawa dashboard dari Google Adsense Anda.

6. Selesai

Setelah Anda mengikuti tutorial atau langkah-langkah di atas, maka Anda telah berada atau telah masuk ke Adsense. Untuk membuat iklan baru, Anda dapat mengikuti tutorial atau pembahasan di bawah ini

Langkah Kedua: Cara Membuat Unit Iklan Baru Di Google Adsense

Setelah Anda berada di Dashboard dari Google Adsense Anda. Sebelum lanjut ke pembuatan iklan Adsense baru, pastikan bahasa tampilan dari Google Adsense Anda ialah Bahasa Indonesia. Jika sudah, maka Anda dapat mengikuti tutorial atau pembahasan di bawah ini untuk membuat unit iklan baru di Google Adsense.

1. Setelah Anda berada di Dashboard dari Google Adsense, langkah selanjutnya pilih dan klik My ads.

Cara Membuat Unit Iklan Baru Di Google Adsense

2. Setelah Anda mengklik My ads, tunggu beberapa saat sampai Anda dibawa ke halaman My ads di Google Adsense. Setelah itu, untuk melanjutkan klik Ad units.

Cara Membuat Unit Iklan Baru Di Google Adsense

3. Setelah Anda mengklik Ad units, Anda akan dibawa ke halaman pembuatan unit iklan Adsense baru. Untuk melanjutkan klik + Unit iklan baru.

Cara Membuat Unit Iklan Baru Di Google Adsense

4. Setelah Anda mengklik + Unit iklan baru, langkah selanjutnya klik SELECT pada bagian bawah dari Text & display ads.

Cara Membuat Unit Iklan Baru Di Google Adsense

5. Setelah Anda mengklik SELECT, maka Anda akan dibawa ke halaman pembuatan Unit Iklan Baru Di Google Adsense.

Cara Membuat Unit Iklan Baru Di Google Adsense

Untuk penjelasan lengkapnya, perhatikan keterangan di bawah ini

a. Nama : Pada bagian ini, silahkan Anda masukkan nama iklan Adsense yang ingin Anda buat. (“1. Penjelasan Tambahan”)

b. Ukuran iklan: Pada bagian ini, silahkan Anda pilih ukuran dari iklan yang ingin Anda gunakan. Harap disesuaikan dengan tempat dimana Anda ingin memasang iklan Adsense Anda. (“2. Penjelasan Tambahan”)

c. Jenis iklan: Pada bagian ini, silahkan Anda pilih Jenis Iklan yang akan tampil di situs web Anda, apakah iklan bergambar, iklan teks atau iklan teks dan bergambar. (“3. Penjelasan Tambahan”)

d. Gaya iklan teks: Pada bagian ini, silahkan Anda atur gaya dari iklan teks dari Google Adsense Anda, termasuk pengaturan warna tulisan dan pengaturan warna latarbelakang (“Background”) Iklan. (“4. Penjelasan Tambahan”)

e. Saluran khusus: Penulis tidak tahu harus menjelaskan dari mana, tapi yang jelas, saluran khusus ini semacam pengelompokkan atau pengkategorian dari iklan Adsense yang telah Anda buat. (“5. Penjelasan Tambahan”)

f. Jika tidak ada iklan: Kalau yang ini opsional atau terserah Anda, Anda ingin menampilkan ruang kosong jika tidak ada iklan atau ingin menampilkan alamat url lain atau menampilkan warna. Terserah Anda mau pilih yang mana. (“6. Penjelasan Tambahan”)

Catatan: Untuk PENJELASAN TAMBAHAN, Anda dapat melihatnya di bagian akhir dari pembahasan.

Setelah itu, untuk membuat unit iklan Adsense Anda yang baru, Anda bisa klik Simpan dan dapatkan kode.

6. Setelah Anda mengklik Simpan dan dapatkan kode, langkah selanjutnya silahkan Anda salin kode iklan yang diberikan ke Anda, setelah itu untuk melanjutkan klik Tutup.

Cara Membuat Unit Iklan Baru Di Google Adsense

7. Setelah Anda mengklik Tutup, maka Anda akan dibawa ke halaman Ad units (“Lihat Penjelasan No.5”), dimana Anda dapat melihat unit iklan baru yang baru saja Anda buat.

Cara Membuat Unit Iklan Baru Di Google Adsense

8. Selesai

Di atas merupakan cara-cara atau langkah-langkah terbaru dan terlengkap yang dapat Anda ikuti dan lakukan untuk membuat Unit iklan baru di Google Adsense. Untuk penjelasan tambahan, Anda dapat memperhatikan penjelasan di bawah ini

Penjelasan Tambahan: Cara Membuat Unit Iklan Baru Di Google Adsense

Di bawah ini merupakan penjelasan tambahan untuk pembahasan Cara Membuat Unit Iklan Baru Di Google Adsense No.5 bagian a – bagian f.

1. Nama

Nama ini merupakan nama iklan Google Adsense yang Anda buat. Nama ini terserah dari Anda, Anda ingin menggunakan nama yang mana, tapi yang perlu diperhatikan ialah pastikan nama yang Anda masukkan adalah nama yang unik, artinya tidak boleh sama dengan nama iklan Adsense yang pernah Anda buat.

2. Ukuran Iklan

Untuk ukuran iklan Adsense sendiri, itu berbeda-beda. Terkadang para publisher membuat unit iklan Adsense itu disesuaikan dengan tempat dimana mereka ingin menempatkan iklan mereka.

Misalnya: Mereka ingin menempatkan iklan Adsense di bagian header (“Kepala”) dari situs web atau blog mereka, tentu mereka akan memilih ukuran iklan Adsense 728 x 90 (“Ukuran yang biasa digunakan untuk menempatkan iklan di kepala atau header dari sebuah situs web atau blog”). Artinya panjangnya ialah 728px dan tingginya ialah 90px.

Jadi, kesimpulannya ialah pilih ukuran iklan Adsense yang sesuai dengan tempat dimana Anda ingin menempatkan iklan Adsense tersebut (“Entah di header, sidebar, footer atau di dalam artikel”).

Untuk iklan di Google Adsense, ada beberapa ukuran iklan yang dapat Anda pilih

– Disarankan

Cara Membuat Unit Iklan Baru Di Google Adsense

Iklan Adsense yang disarankan ialah iklan Adsense yang paling sering atau yang paling bagus untuk digunakan disitus web atau blog Anda. Jadi, Anda dapat memilih ukuran iklan Adsense sesuai dengan yang disarankan.

– Spanduk Horizontal

Cara Membuat Unit Iklan Baru Di Google Adsense

Ukuran iklan Adsense yang satu ini ialah berukuran panjang ke samping atau horizontal. Anda dapat memilih ukuran iklan Adsense ini, apabila Anda ingin menempatkannya dibagian dari situs web atau blog Anda yang berukuran panjang ke samping (“Lebar”) sesuai dengan ukuran iklan yang diberikan disini.

– Spanduk tegak

Cara Membuat Unit Iklan Baru Di Google Adsense

Ukuran iklan Adsense yang ini memanjang ke bawah (“Tinggi”). Biasanya iklan Adsense ini ditempatkan di sidebar atau samping dari sebuah situs web atau blog. Jadi, Anda dapat memilihnya, apabila Anda ingin menempatkan iklan Adsense Anda di bagian sidebar atau samping kiri dan kanan dari situs web atau blog Anda.

– Persegi Panjang

Cara Membuat Unit Iklan Baru Di Google Adsense

Kalau ukuran iklan yang satu ini, berukuran kotak. Ukuran iklan Adsense yang satu ini, paling cocok jika ditempatkan di bagian sidebar atau samping dari situs web atau blog Anda atau di dalam artikel Anda. Jadi, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan unit iklan Adsense yang satu ini.

– Responsif

Cara Membuat Unit Iklan Baru Di Google Adsense

 

Sama seperti namanya “Responsif”, ukuran iklan Adsense yang satu ini, dapat Anda buat dan tempatkan dimana saja tempat yang anda inginkan iklan tersebut tampil disitus web Anda, tanpa mengkhawatirkan ukuran dari iklan Adsense tersebut. Ukuran iklan yang satu ini, ukurannya akan menyesuaikan dengan lebar tempat dimana Anda menempatkan iklan Adsense Anda. Jadi, untuk Anda yang masih baru memulai menggunakan iklan Adsense dan sebuah blog, maka Anda dapat mencoba untuk menggunakan ukuran iklan yang satu ini.

– Ukuran khusus

Cara Membuat Unit Iklan Baru Di Google Adsense

Sama seperti namanya “Ukuran khusus”, ukuran iklan Adsense yang satu ini, dapat Anda masukkan sendiri ukuran yang Anda inginkan, termasuk lebar dan tingginya iklan. Sangat bagus untuk menyesuaikan dengan ukuran dari tempat dimana Anda ingin memasangkan iklan Adsense di situs web atau blog Anda.

 

– Iklan link

Cara Membuat Unit Iklan Baru Di Google Adsense

 

Untuk ukuran iklan yang satu ini, sama seperti ukuran iklan Adsense yang lain, hanya saja ia tidak berbentuk gambar maupun teks iklan kebanyakan (“berukuran besar dan memiliki judul dan teks”), akan tetapi ia berbentuk link. Anda dapat mencobanya untuk mengetahui jenis iklan ini seperti apa, seperti yang penulis maksudkan.

– Disarankan untuk selular

Cara Membuat Unit Iklan Baru Di Google Adsense

Untuk Anda yang ingin menggunakan atau menampilkan iklan disitus web tampilan mobile atau handphone, maka Anda dapat melihat ukuran iklan yang tepat di bawahnya terdapat icon selular.

3. Jenis iklan

Cara Membuat Unit Iklan Baru Di Google Adsense

Untuk jenis iklan ini, Anda dapat memilih, apakah ingin menggunakan iklan yang menampilkan gambar saja atau teks saja atau menampilkan keduanya (“Iklan teks dan gambar”).

Catatan: Perlu diperhatikan bahwa jenis iklan ini tidak berfungsi untuk ukuran “Iklan link” (“Lihat Penjelasan Tamabahan No.2 – Iklan link”).

4. Gaya iklan teks

Cara Membuat Unit Iklan Baru Di Google Adsense

Untuk Anda yang ingin memaksimalkan pendapatan Anda di Google Adsense, maka Anda dapat mengelabui pengunjung dengan membuat gaya iklan Adsense Anda sendiri.

Ada banyak hal yang dapat diatur pada gaya iklan teks, diantaranya ialah

  • Warna Judul: Anda dapat mengatur warna judul iklan Anda agar warnanya sesuai dengan warna judul dari artikel di halaman atau di situs web Anda sendiri
  • Warna Latar: Anda juga dapat mengubah warna latar atau warna background dari iklan Adsense Anda. Jadi, jika Anda memiliki situs web yang memiliki latar belakang hitam, maka Anda dapat mengatur warna iklan
    teks Anda agar berlatarbelakang hitam.
  • Warna Teks: Sama seperti warna judul, Anda dapat mengatur warna teks dari iklan Adsense Anda, Anda dapat mengaturnya agar sesuai dengan warna teks dari artikel blog atau situs web Anda.
  • Warna URL: Untuk warna url ini sendiri, Anda juga dapat mengaturnya agar tidak terlihat sepreti url yang berbeda dengan URL Anda. Anda dapat mengatur warna URL agar sesuai dengan warna teks Anda atau sesuai dengan warna background atau latarbelakang dari iklan Adsense Anda (“Untuk menyembunyikan URL”).
  • Jenis Tulisan: Anda dapat memilih jenis tulisan dari Iklan Adsense Anda.

Catatan: Gaya iklan teks ini hanya berfungsi untuk iklan teks (“Sesuai dengan namanya”), entah iklan teks berukuran besar atau iklan link. Jadi, untuk jenis iklan bergambar, tidak akan terpengaruh dengan perubahan ini.

5. Saluran Khusus

Sama seperti yang telah penulis jelaskan di atas, saluran khusus ini semacam pengkategorian atau pengelompokkan dari iklan Adsense yang Anda buat. Jadi, Anda dapat dengan mudah melihat penghasilan yang mana yang paling tinggi berdasarkan kategori yang Anda buat.

Untuk membuat saluran khusus ini, Anda tinggal mengklik Buat saluran khusus baru.

Cara Membuat Unit Iklan Baru Di Google Adsense

Setelah Anda mengklik Buat saluran khusus baru, langkah selanjutnya silahkan Anda masukkan nama saluran khusus (“nama kategori”) dari iklan Adsense Anda, setelah itu pilih dan klik Simpan.

Cara Membuat Unit Iklan Baru Di Google Adsense

Setelah Anda mengklik Simpan, maka Anda akan mendapatkan sebuah saluran khusus atau kategori iklan dari iklan Adsense Anda yang telah Anda buat.

Cara Membuat Unit Iklan Baru Di Google Adsense

6. Jika tidak ada iklan

Jika tidak ada iklan yang tersedia atau yang tampil, apa yang ingin Anda tampilkan? Seperti itulah pertanyaan yang diberikan kepada Anda dan jawabannya dapat Anda pilih ketika Anda mengklik bagian ini.

– Ciutkan unit iklan atau tampilkan ruang kosong (default)

Jika Anda memilih bagian ini, maka ketika Anda baru saja membuat unit iklan Adsense baru, tentu saja Anda akan mendapatkan ruang kosong atau iklan masih belum tampil. Perlu menunggu beberapa saat sampai iklan tampi dan disaat iklan belum tampil, maka hanya akan ada ruang kosong.

– Ciutkan unit iklan atau tampilkan warna

Jika Anda memilih bagian ini, maka Anda dapat memilih warna apa yang ingin Anda tampilkan di tempat iklan Adsense Anda, apabila Anda baru saja membuatnya. Karena sama seperti biasa, iklan yang baru dibuat, belum
dapat langsung menampilkan iklan (“Penulis tidak tahu kenapa, tapi coba tanyakan ke pihak Google”).

– Tampilkan URL lain

Jika Anda memilih bagian ini, maka Anda akan diminta untuk memasukkan alamat URL yang ingin Anda tampilkan ditempat iklan Adsense, apabila iklan Adsense belum atau tidak tampil.

Di atas merupakan penjelasan tambahan dari Cara Membuat Unit Iklan Baru di Google Adsense. Semoga dapat bermanfaat. Jika Ada pertanyaa, Anda dapat bertanya pada kotak komentar di bawah.