Domain. Kali ini penulis akan membahas dan menjelaskan bagaimana cara-cara atau langkah-langkah terbaru dan terlengkap yang dapat Anda ikuti dan lakukan untuk membuat Subdomain tanpa menggunakan CPanel (“Control Panel”) Hosting.

Sebelum masuk ke dalam inti dari pembahasan, ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan, diantaranya ialah

  1. Pastikan Anda memiliki sebuah Top Level Domain.
  2. Pastikan Anda memiliki sebuah blog di Blogspot yang belum pernah dihubungkan dengan Top Level Domain.

Baca Juga: Cara Membuat Blog Di Blogspot

Jika Anda telah memenuhi beberapa hal yang perlu di perhatikan di atas, maka Anda dapat mengikuti tutorial atau pembahasan di bawah ini.

Untuk Anda yang telah atau pernah membeli sebuah Domain tanpa membeli hosting, tentu Anda akan menghubungkan domain tersebut ke Hosting Blogspot, karena di samping gratis, dengan menggunakan hosting dari blogspot, situs web akan terlihat atau sangat stabil tanpa gangguan sedikitpun.

Hal lain yang menjadi masalah ialah untuk Anda yang pernah menggunakan hosting berbayar, ketika Anda membelinya dengan sebuah domain, tentu Anda akan melihat perbedaan yang sangat jauh, antara hosting berbayar  dan hosting gratis Blogspot. Salah satu perbedaannya ialah jika Anda menggunakan hosting berbayar, Anda akan dengan mudah untuk membuat sebuah subdomain, berbeda dengan menggunakan hosting dari blogspot,
yang tampilannya hanya seperti tampilan itu-itu aja, tidak ada keistimewaan ketika kita menghubungkannya dengan domain kita sendiri.

Ada hal yang terkadang bisa menjadi sebuah pertanyaan, ketika Anda menggunakan hosting gratis dari Blogspot (“Menghubungkan domain Anda ke Blog di Blogspot”). Pertanyaan yang mungkin akan muncul ialah

Apakah saya dapat membuat sebuah subdomain tanpa Control Panel Hosting?

Jika Anda memiliki pertanyaan yang sama seperti di atas, maka jawabannya ialah Bisa. Oleh sebab itu, dalam tutorial atau pembahasan kali ini, penulis akan membahas Cara Membuat Subdomain Tanpa Menggunakan Control Panel Hosting.

Tujuan Pembahasan

Tujuan utama dari pembahasan ini ialah agar Anda dapat membuat subdomain sendiri dari domain utama Anda tanpa harus menggunakan CPanel (“Control Panel”) dari hosting Anda.

Apa itu Subdomain?

Penulis tidak tahu arti sebenarnya, akan tetapi jika Anda melihat sebuah alamat url seperti berikut: subdomain.duniacara.com, maka subdomain atau apapun yang ada didepan dari domain utama sebelum tanda titik (“.”) merupakan subdomain dari domain utama.

Baca Juga: Cara Membuat Subdomain Di CPanel Hosting Godaddy

Untuk Anda yang ingin membuat subdomain tanpa CPanel Hosting, berikut tutorial atau langkah-langkah yang dapat Anda ikut untuk membuat sebuah subdomain tanpa harus memiliki CPanel (“Control Panel”) Hosting.

Cara Membuat Subdomain Tanpa Menggunakan Control Panel Hosting

1. Masuk ke Blogger.com atau Blogspot.com

2. Jika Anda belum login, maka silahkan Anda login terlebih dahulu menggunakan email dan password dari akun Gmail Anda yang ada Blognya di Blogspot.

3. Setelah Anda berhasil login atau sebelumnya telah login, maka langkah selanjutnya pilih dan klik Setelan.

4. Setelah Anda berada di halaman Setelan, langkah selanjutnya klik + Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda.

5. Setelah itu, silahkan Anda masukkan nama dari subdomain yang Anda inginkan, kemudian klik Ok.

Untuk penjelasan lengkapnya, perhatikan keterangan di bawah ini

a. subdomain.duniacara.com: Pada bagian ini silahkan Anda masukkan dengan subdomain Anda, misalnya subdomain.domainAnda.com. Yang subdomain, silahkan Anda ganti dengan subdomain yang Anda inginkan,
misalnya blog.domainAnda.com.

b. Simpan: Setelah Anda memasukkan subdomain yang Anda inginkan, untuk melanjutkan klik Simpan.

6. Setelah Anda mengklik Simpan, Anda akan mendapatkan keterangan Error. Error ini menginformasikan kepada Anda bahwa alamat yang Anda masukkan belum dapat diverifikasi kepemilikannya, oleh sebab itu kita akan melakukannya di tahap selanjutnya.

Untuk penjelasan lengkapnya, perhatikan keterangan di bawah ini

“a dan 1” adalah PASANGAN PERTAMA (“Penulis menamakan pasangan”) dan “b dan 2” adalah PASANGAN KEDUA.

Catatan: Harap Anda perhatikan antara PASANGAN PERTAMA dan PASANGAN KEDUA.

Setelah Anda mendapatkan keterangan Error seperti itu, maka biarkan saja tetap seperti itu, sekarang Anda tinggal membuka sebuah tab baru di Browser Anda dan pergi ke situs web tempat Anda membeli domain Anda untuk masuk ke pengelolaan DNS dari domain Anda sendiri.

Catatan: Dalam tutorial atau pembahasan kali ini, penulis akan membahas secara bertahap untuk domain yang dibeli di Idwebhost.

7. Setelah membuka tab baru dan mengunjungi situs web Idwebhost, langkah selanjutnya klik LOGIN yang berada di pojok kanan atas.

8. Setelah Anda mengklik Login, maka Anda akan dibawa ke Form Login.

Untuk penjelasan lengkapnya, perhatikan keterangan di bawah ini

a. Alamat Email: Pada bagian ini, silahkan Anda masukkan Alamat Email yang pernah Anda gunakan untuk mendaftar di Idwebhost dan membeli sebuah domain di sana.

b. Sandi: Pada bagian ini, silahkan Anda masukkan kata sandi atau password dari akun Idwebhost yang emailnya telah Anda masukkan di atas.

Setelah itu, untuk melanjutkan klik Masuk.

9. Setelah Anda mengklik masuk dan berhasil masuk, maka Anda akan dibawa ke halaman Area Klien. Untuk melanjutkan, klik Domain Aktif.

Cara Membuat Subdomain Tanpa Menggunakan Control Panel Hosting

10. Setelah Anda mengklik Domain Aktif, langkah selanjutnya klik Kelola Domain di samping domain yang ingin Anda buat subdomain-nya.

11. Setelah Anda mengklik Kelola Domain, Anda akan dibawa ke halaman pengelolaan domain Anda. Untuk melanjutkan, klik Alat Pengelolaan, setelah itu pilih dan klik Kelola DNS.

12. Setelah Anda mengklik Kelola DNS, Anda akan langsung dibawa ke halaman Pengelolaan DNS dari Domain Anda. Untuk melanjutkan, silahkan Anda masukkan PASANGAN PERTAMA (“Lihat No.6 Pembahasan”).

Untuk penjelasan lengkapnya, perhatikan keterangan di bawah ini

1. subdomain: Subdomain Anda, silahkan Anda masukkan di Kolom atau Kotak Nama, Label, atau Host (“Nama biasa berbeda antara satu penyedia nama domain dan penyedia nama domain yang lain”).

a. ghs.google.com: bagian ini, silahkan Anda masukkan di Kolom atau Kotak Alamat, Tujuan, atau Target (“Nama biasa berbeda antara satu penyedia nama domain dan penyedia nama domain yang lain”).

z. CNAME: bagian ini, silahkan Anda pilih CNAME. Nama kolom dari bagian ini biasa disebut Type ada juga yang bilang Jenis Record (“Beda Reseller beda nama”).

Setelah itu, untuk melanjutkan klik Simpan Perubahan.

13. Setelah Anda mengklik Simpan Perubahan, langkah selanjutnya silahkan Anda masukkan PASANGAN KEDUA (“Lihat No.6 Pembahasan”).

Untuk penjelasan lengkapnya, perhatikan keterangan di bawah ini

2. czx7gzoo35: Ini semacam kode unik, silahkan Anda masukkan ke dalam Kolom atau Kotak Nama, Label, atau Host.

b. gv-hroprut4…: ini juga semacam kode unik, silahkan Anda masukkan di kolom atau kotak Alamat, Tujuan, atau Target.

z. CNAME: bagian ini, silahkan Anda pilih CNAME. Nama kolom dari bagian ini biasa disebut Type ada juga yang bilang Jenis Record (“Beda Reseller beda nama”).

Setelah itu, untuk melanjutkan klik Simpan Perubahan.

14. Setelah Anda mengklik Simpan Perubahan, jika berhasil di Simpan, maka Anda akan mendapatkan PASANGAN PERTAMA dan PASANGAN KEDUA yang telah disimpan.

15. Setelah itu, silahkan Anda tunggu beberapa menit (“Ada yang bahkan sampai beberapa jam”). Jika Anda mencoba untuk mengakses subdomain Anda, Anda akan mendapatkan tampilan seperti pada gambar di bawah ini.

16. Setelah menunggu beberapa menit atau bahkan beberapa Jam, silahkan Anda kembali ke blog Anda di Blogspot, kemudian klik Simpan.

17. Setelah Anda mengklik Simpan, jika telah berhasil maka Anda akan mendapatkan tampilan seperti pada gambar di bawah ini, dimana domain Anda telah berhasil di pasangkan di Blogspot. Untuk melanjutkan,.

18. Setelah Anda mengklik Lihat Blog, karena ini masih baru, maka Anda akan mendapatkan tampilan seperti pada gambar di bawah ini. Untuk melanjutkan, klik Yes.

19. Setelah Anda mengklik Yes, maka Anda akan dibawa ke situs web dengan subdomain Anda sendiri.

20. Selesai

Di atas merupakan cara-cara atau langkah-langkah terbaru dan terlengkap yang dapat Anda ikuti dan lakukan untuk membuat subdomain tanpa menggunakan CPanel (“Control Panel”) Hosting. Semoga dapat bermanfaat.