Blogspot. Kali ini penulis akan membahas dan menjelaskan bagaimana cara-cara atau langkah-langkah terbaru dan terlengkap yang dapat Anda ikuti dan lakukan dalam menghubungkan blog di Blogspot ke Akun Twitter.

Sebelum mengikuti tutorial ini, maksud dari penjelasan ini ialah agar ketika Anda menulis sebuah artikel di blog dari Blogspot Anda dan mempublikasikannya, maka ketika artikel tersebut telah diterbitkan, akan secara  otomatis artikel tersebut di-share atau dibagikan ke Twitter, sehingga hal tersebut akan mempermudah Anda dalam membagikan setiap artikel Anda ke Twitter, tanpa harus Anda lakukan secara manual. Selain itu, Ada hal lain yang sangat penting ialah ketika Anda ingin secara otomatis artikel tersebut dibagi ke Facebook, maka Anda tinggal kaitkan akun Twitter Anda ke akun Facebook Anda, sehingga ketika tulisan tersebut telah diterbitkan di twitter, maka akan secara otomatis juga di-share atau dibagikan ke Facebook.

Jadi, kesimpulan dari pembahasan ini ialah:
– Mempermudah dalam membagikan artikel ke Twitter
– Dapat juga membantu mempermudah membagikan Artikel ke Facebook, jika Anda telah mengaitkan akun twitter Anda ke Facebook.

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan sebelum mengikuti tutorial ini ialah pastikan Anda telah memiliki sebuah akun Twitter.

Baca Artikel Terkait Lainnya:
Cara Membuat Akun Twitter

Setelah Anda mengerti maksud dan tujuan dari tutorial atau pembahasan kali ini, maka untuk inti dari pembahasan Anda dapat melihat dan mengikuti tutorial atau langkah-langkah terbaru dan terlengkapnya di bawah ini

Cara Menghubungkan Blog Di Blogspot Ke Akun Twitter

1. Silahkan Anda pergi ke feedburner.google.com

2. Setelah Anda berada di situs web tersebut dan jika Anda telah Custom subdomain Blogspot Anda dengan domain Anda sendiri, maka pada bagian Kotak URL (“Penulis namakan kotak URL sesuai yang tertulis pada gambar”) silahkan Anda masukkan URL dari custom domain Anda atau domain yang Anda gunakan, setelah itu beri tanda ceklist pada Kotak Ceklist, kemudian klik Next.

Cara Menghubungkan Blog Di Blogspot Ke Akun TwitterCatatan: Jika Anda tidak menggunakan Custom Domain atau tetap menggunakan subdomain dari blogspot, maka Anda tidak perlu mengikuti tutorial ini, Anda hanya perlu mengklik Judul Blog Anda yang tampil dibagian Feed Title di atas.

3. Setelah Anda mengklik Next, langkah selanjutnya silahkan Anda pilih URL Feeds Anda, setelah itu klik Next.

Cara Menghubungkan Blog Di Blogspot Ke Akun Twitter4. Setelah itu, Anda akan langsung dibawa ke halaman penyiapan.

Cara Menghubungkan Blog Di Blogspot Ke Akun TwitterUntuk penjelasan lengkapnya, Anda dapat memperhatikan keterangan di bawah ini:
a. Feed Title: Pada bagian ini, silahkan Anda masukkan judul dari Feed Anda.
b. Feed Address: Pada bagian ini, silahkan Anda masukkan nama yang ingin Anda gunakan sebagai alamat URL dari Feed Anda.

Setelah itu, langkah selanjutnya klik Next.

5. Setelah Anda mengklik Next, jika berhasil maka Anda akan dibawa ke halaman Congrats! dengan URL Feeds yang baru saja Anda buat akan ditampilkan disana. Langkah selanjutnya klik Skip directly to feed management.

Cara Menghubungkan Blog Di Blogspot Ke Akun Twitter6. Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman Feed Management Anda. Langkah selanjutnya klik Pubicize.

Cara Menghubungkan Blog Di Blogspot Ke Akun Twitter7. Setelah Anda berada di halaman Publicize, langkah selanjutnya klik Socialize.

Cara Menghubungkan Blog Di Blogspot Ke Akun Twitter8. Setelah Anda berada di halaman Socialize, langkah selanjutnya klik Add a Twitter account.

Cara Menghubungkan Blog Di Blogspot Ke Akun Twitter9. Jika Anda belum login ke akun Twitter Anda, maka Anda harus login terlebih dahulu. Setelah Anda berhasil login atau sebelumnya telah login, maka langkah selanjutnya silahkan Anda klik Izinkan aplikasi.

Cara Menghubungkan Blog Di Blogspot Ke Akun Twitter10. Setelah itu, Anda akan dialihkan kembalik ke halaman Socialize. Jika pengaturan yang Anda ikuti telah benar, maka Anda akan mendapatkan tampilan username dari akun Twitter Anda dibagian Twitter account.

Cara Menghubungkan Blog Di Blogspot Ke Akun Twitter11. Jika Akun Twitter Anda telah terhubung, maka sekarang tinggal mengatur, bagaimana menurut Anda tampilan dari artikel yang Anda terbitkan akan dibagikan ke Twitter.

Cara Menghubungkan Blog Di Blogspot Ke Akun TwitterUntuk penjelasan lengkapnya, Anda dapat melihat penjelasan di bawah ini:
a. Post content: Pada bagian ini, Anda bisa memilih, apakah Anda ingin membagikan Artikel yang Anda terbitkan ke Twitter itu hanya Judulnya saja (“Title only”) atau Judul dan artikel (“Title and Body”) atau hanya
artikel saja (“Body only”).

Kotak ceklist include link: Anda dapat menyertakan link dalam setiap tweet dari artikel blog Anda yang baru saja Anda terbitkan di blog yang akan dibagikan ke Twitter, jika Anda men-ceklist kotak ceklist ini.

Leave room for retweets: Kalau bagian ini penulis Anda bisa melihat pada bagian pratinjau (“Lihat bagian e”), ketika Anda memberikan ceklist, tampilan Tweet akan semakin pendek dan ketika Anda hilangkan tanda ceklist-nya, maka Tweet akan semakin panjang sesuai dengan batas maksimum yang telah ditetapkan oleh Twitter.

b. Hash tags: Pada bagian ini, Anda dapat memilih, mau menggunakan hashtag (“Create hash tags from item categories”) atau tidak (“Don’t add any hash tags”). Jika Anda mau menggunakan hash tags, maka setiap artikel yang Anda buat dan terbitkan yang akan dibagikan ke Twitter, secara otomatis akan dicek, apakah kategori dari artikel tersebut ditulis ulang pada artikel atau tidak. Jika ada, maka nama kategori yang muncul di artikel tersebutlah yang akan dijadikan sebuah hashtag.

Contoh:

Anda memiliki judul artikel: Salam hangat dari Duniacara.com

Anda membuat kategori atau label: Salam

Maka, ketika artikel tersebut diterbitkan dan dibagikan ke Twitter, tulisan yang Ada salam (“Biasanya hanya tulisan pertama artinya kalau sudah ada kata ‘salam’ yang digunakan, maka kata ‘salam’ selanjutnya tidak akan dijadikan hashtag lagi”) akan dibuat menjadi sebuah hashtag, sehingga hasilnya seperti dibawah ini:

#Salam hangat dari Duniacara.com

Diatas merupakan contoh sederhananya.

Use inline hash tags: Jika Anda memberikan tanda ceklist pada kotak ceklist ini, maka hashtag akan ditulis sebaris dengan tweet Anda. Jika tidak, maka akan dipisahkan atau tidak sebaris.

c. Addtional text: Pada bagian ini, Anda dapat menambahkan teks tambahan ke setiap tweet yang akan dibuat. Teks ini terserah Anda. Jika Anda ingin menambahkannya, maka Anda dapat menambahkannya pada bagian Add, sedangkan pada bagian at the, Anda dapat memilih dimana teks tambahan tersebut ingin Anda tulis, apakah Anda ingin menempatkannya di depan tweet Anda (“Beginning of the post”) atau dibelakang dari tweet Anda (“end of the post”).

d. Item Selection: Pada bagian ini, Anda dapat memilih dan mengatur sesuai dengan yang Anda inginkan.

Item limit: Anda dapat memilih batas update tweet artikel dari blog Anda ke Twitter. Paling sedikit 1 dan paling banyak 8.

Item order: Anda dapat memilih pengurutan Tweet dikirim ke twitter, apakah berdasarkan pada waktu artikel dipublikasikan (“publish date”) atau sesuai urutan yang berada di feed (“their order in the feed”).

Keywords filter: Anda dapat memasukkan keyword untuk menyaring, keyword apa yang ingin Anda gunakan. Jadi, setiap keyword yang Anda masukkan disini, itulah yang akan digunakan untuk melihat ke
kategori dari artikel, apakah kategori dari artikel tersebut sesuai dengan keywords tersebut atau tidak. Jika ada, akan dibagikan ke Twitter, jika tidak maka tidak akan dibagikan.

e. Sample Item Preview: Pada bagian ini, Anda dapat melihat live preview atau pratinjau dari setiap perubahan yang telah atau hendak Anda lakukan.

12. Setelah semua pengaturan selesai, maka langkah selanjutnya silahkan Anda klik Active.

Cara Menghubungkan Blog Di Blogspot Ke Akun Twitter13. Jika perubahan berhasil disimpan, maka Anda akan mendapatkan keterangan perubahan: You heve successfully updated the feed “Nama feed Anda”.

Cara Menghubungkan Blog Di Blogspot Ke Akun Twitter14. Selesai

Setelah selesai melakukan perubahan, penulis mencoba untuk menulis artikel dengan judul: “Contoh Artikel Yang Terhubung Ke Twitter” dalam sebuah kategori atau label: “contoh”

Cara Menghubungkan Blog Di Blogspot Ke Akun TwitterSetelah menerbitkan artikel tersebut, penulis menunggu beberapa saat sampai tweet dari artikel tersebut diterbitkan di Twitter, sehingga ketika telah diterbitkan secara otomatis, penulis mendapatkan tampilan seperti pada gambar di bawah ini

Cara Menghubungkan Blog Di Blogspot Ke Akun TwitterDari gambar di atas, Anda bisa melihat pada kata Contoh yang ditemukan akan dijadikan sebuah hashtag, karena Contoh merupakan sebuah kategori di artikel yang penulis tulis.

Catatan: Perlu diperhatikan bahwa jika terdapat lebih dari 1 kata “contoh”, maka yang akan digunakan ialah yang paling pertama berada dalam sebuah urutan.

Di atas merupakan cara-cara atau langkah-langkah terbaru dan terlengkap yang dapat Anda ikuti dan lakukan dalam menghubungkan blog Anda di Blogspot ke akun Twitter.